Israel luncurkan satelit pengintai baru ke luar angkasa pada Rabu 9 April 2014 malam waktu setempat. Satelit yang disebut Ofek 10, mampu mengamati targetnya di bumi disegala kondisi cuaca.

Satelit tersebut dibawa oleh pesawat luar angkasa. “Setelah satelit memasuki orbit Bumi, benda tersebut menjalani beberapa tes untuk mengkonfirmasi layanan dan kinerja yang akurat,” mengutip sumber Kementrian Pertahanan Israel, seperti dikutip Indian Express, Kamis (10/4/2014).

Pihak Kementrian Pertahanan Israel menjelaskan Ofek 10 melakukan pengamatan dengan menggunakan teknologi canggih melalu radar aperture sintetis. Satelit tersebut memiliki citra dengan resolusi tinggi yang mampu beroperasi di malam hari dan disemua kondisi cuaca.

Kementrian tersebut bekerjasama dengan Israel Aerospace Indusries (IAI) dan perusahaan teknologi Israel lainnya dalam mengembangkan Ofek 10. Selain itu IAI juga melakukan kerja sama dalam peluncuran satelit Shavit.

Menurut media Israel, Peluncuran dilakukan secara bersamaan oleh Kementerian Pertahanan dan IAI di pangkalan Udara Palmahim di pusat Israel.

Israel terus pertahankan program satelit mata-mata. Program tersebut diperkirakan menghabiskan investasi sekira ratusan juta shekel per tahun dalam pengembangan luar angkasa dan industri satelit.

Sementara Ofek 10 adalah satelit kesepuluh yang diluncurkan Israel. Sebelumnya, empat tahun lalu satelit OFek 9 sudah diluncurkan. okezone.com