Pages

Labels

Pages - Menu

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 25 April 2013

10 Fakta Tentang Planet Merkurius

10 Fakta Tentang Planet Merkurius


Inilah fakta-fakta tentang sebuah planet yang paling dekat dengan matahari :
 


1. Setengah dari planet Merkurius belum pernah terlihat.
Awalnya nasa hanya memiliki foto setengah permukaan merkurius. Foto-foto tersebut diambil oleh mariner 10 yang membuat tiga penerbangan tahun 1974-1975. penerbangan terdekat yang dilakukan mariner 10 terhadap merkurius adalah 327 km dari permukaan planet tersebut. Pada penerbangan tersebut mariner 10 mendeteksi adanya medan magnet. Pada tahun 2008 dengan menggunakan messenger nasa berhasil mengambil gambar dengan resolusi yang lebih baik dan untuk pertama kalinya nasa berhasil mengambil gambar bagian lain dari planet merkurius.


 2. Merkurius memiliki medan magnet.

Pada penerbangan mariner 10 yang paling dekat dengan merkurius, mariner 10 medeteksi adanya medan magnet di sekitar merkurius. Medan magnet ini mirip dengan medan magnet yang dimiliki oleh bumi yang berfungsi melindungi bumi dari angin matahari. Sejak merkurius menjadi dingin mengakibatkan tidak lagi dapat menghasilkan sejenis dinamo seperti hanya bumi. Kalau begitu darimana medan magnet tersebut berasal ? ini adalah pertanyaan besar yang berusaha dijawab oleh pesawat messenger NASA.

3. Mungkin ada es di Merkurius.

Sebagaimana kita tahu bahwa merkurius jaraknya sangat dekat dengan matahari dasn pastinya sangat panas. Tetapi ada bagian pada permukaan merkurius yang tidak panas yaitu bagian kawah yang berada disekitar kutubnya. Kutub tersebut selalu berada pada bayangan. Karenanya daerah ini bisa memiliki suhu 100 derajat di bawah nol. Jadi memungkinkan terdapat air berbentuk es yang telah berada disini selama jutaan tahun. Sekali lagi menemukan es di merkurius adalah salah satu misi MESSENGER NASA.

4. merkurius dapat dilihat dengan mata telanjang.

Sebetulnya merkurius adalah planet yang sulit untuk di amati karena mengorbit matahari dalam jarak yang lebih dekat dibandingkan planet bumi. Kita dapat mengamatinya pada saat matahari akan terbenam atau matahari terbit. Itupun sangat singkat dan kita harus memiliki pandangan yang cerah terhadap horizon. Pada saat matahari terbit kita bisa melihat ke arah timur dan saat matahari terbenam kita bisa melihat kearah barat. Jika waktunya tepat kita akan melihat titik yang sangat terang dibandingkan yang lain selain matahari.

5. Kita telah mengenal mekurius selama ribuan tahun.

Tidak seperti Uranus, Neptunus, dan Pluto, yang ditemukan dalam beberapa ratus tahun terakhir, masyarakat kuno telah dikenal tentang Mercury selama ribuan tahun. Diperoleh catatan mengenai pengamatan merkurius yang dilakukan oleh orang yunani dan romawi kuno mereka menamakannya dewa hermes.

6. merkurius memiliki atmosphere.

Dengan ukuran yang sangat kecil maka merkurius memiliki gravitasi yang kecil sehingga sulit terbentuk atmosphere seperti di bumi. Tetapi merkurius memiliki atmosphere yang mengandung hidrogen, helium, oksigen, kalsium, natrium, kalium dan lain-lain. Zat-zat tersebut tidask membentuk atmosphere yang stabil. Sebaliknya ada aliran atom yang konstan ke orbit sekitar merkurius dan di hempaskan oleh angin matahari ke luar angkasa.

7. memiliki orbit yang eksentrik dibandingkan planet lain.

Dengan di keluarkannya pluto dari jajaran planet-planet maka merkurius sekarang menduduki orbit paling eksentrik di bandingkan planet lain. Itu artinya orbit merkurius berbentuk elips sehingga memiliki jarak yang berubah-ubah dengan matahari. Pada saat titik terdekat maka merkurius memiliki jarak 46 juta km dan pada saat titik terjauh memiliki jarak 76 juta km dari matahari.

8. orbitnya membantu membuktikan teori relativitas einstein.

Para astronom yang memiliki instrumen yang lebih akurat, dan cara matematis menggambarkan gerakan planet-planet, mereka menyadari ada sesuatu yang salah dengan merkurius pada saat dekat dengan bumi. Merkurius pada titik terdekat (perihelum) dengan matahari maka gerakan merkurius menjadi lambat dan para astronom tidak dapat menjawabnya. Akhirnya dengan perhitungan relativitas einstein kita dapat menghitung gerakan merkurius secara tepat.

9. Hubble tidak dapat melihat merkuirus secara keseluruhan.

Teleskop luar angkasa Hubble belum pernah digunakan untuk mengamati Merkurius dan sepertinya tidak akan pernah. Karena planet ini sangat dekat dengan matahari maka sinar matahari merusak optik dan rangkaian elektronik hubble.

10. Pesawat luar angkasa menuju merkurius.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa pesawat antariksa MESSENGER NASA sedang dalam perjalanan menuju merkurius. Jika semua berjalan baik maka mengintari merkurius beberapa kali dan akhirnya mengorbit merkurius pada 2011. Badan Antariksa Eropa bekerja dengan Jepang dan memiliki sebuah misi disebut BepiColumbo. Pesawat ini akan mengorbit Merkurius dengan dua probe, satu untuk memetakan permukaannya, dan yang lainnya untuk mempelajari medan magnet. Sayangnya, sebuah konsep pendaratan ditangguhkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Calendar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

visitor

Flag Counter