Pages

Labels

Pages - Menu

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 10 Mei 2013

gerhana matahari yang terjadi tadi pagi 10 mei 2013



gerhana matahari yang terjadi tadi pagi 10 mei 2013



beberapa hari yang lalu memang banyak terselip kabar adanya gerhana matahari yang terjadi tadi pagi atau 10 mei 2013, hal ini membuat penasaran apakah benar terjadi atau tidak tadi pagi, 

karena rasanya penasaran saya yang cukup tinggi akhirnya saya melihat di berbagai sumber di dunia maya, dan berikut berita dari beberapa sumber yang menyatakan bahwa tadi pagi terjadi gerhana

  

 

 metrotvnews.com, Sukoharjo: Berbagai daerah di Indonesia dapat menyaksikan fenomena alam gerhana matahari cincin. Begitu pula dengan warga Sukoharjo, Jawa Tengah, yang menyaksikan fenomena tersebut pada Jumat (10/5) pagi.


Pengamatan dilakukan di Observatorium Club Astronomi Assalaam (CASA) Pondok Pesantren (Ponpes) Assalaam Pabelan, Kertasura. Gerhana matahari tampak mulai matahari terbit sekitar pukul 05.40 WIB hingga 06.30.

Secara sains, gerhana terjadi dari pukul 04.20. Patokan universal menyatakan gerhana selesai pada pukul 10.26.

Sayangnya, hasil pengamatan hanya menampakkan gerhana matahari sebagian atau bulan menutup sebagian matahari, bukan gerhana matahari cincin. Namun, gerhana matahari cincin tampak jelas di wilayah Papua dan wilayah timur Indonesia.

Pengasuh observatorium CASA, Ustaz AR Sugeng, mengatakan pengamatan itu membuktikan penghitungan hisab presisi. Selain itu, hasil pengamatan menggambarkan pergerakan matahari yang lebih cepat ketimbang bulan.

 

 

 

 

 

 dan berikut adalah foto yang bersumber dari kompas.com

Foto Gerhana Matahari 10 Mei 2013 - Fenomena Gerhana Matahari Sebagian (GMS) atau Gerhana CINCIN Api di seluruh wilayah Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara, Jumat pagi, 10 Mei 2013 banyak diabadikan pengguna Twitter.


Foto-foto Gerhana Matahari itu sudah beredar di sejumlah akun Twitter. Para pengguna mengaku mengambil gambar pada pagi tadi saat sebagian sinar Matahari tertutup oleh bulan.


Berikut sejumlah foto Gerhana Matahari Jumat 10 Mei 2013 yang diunggah oleh pengguna Twitter. Diantaranya dari Bali dan Banjarmasin.

FOTO FOTO GERHANA MATAHARI 10 MEI 2013 DI INDONESIA




@gunungindonesia Foto Gerhana Matahari Sebagian.
Lokasi: Kintamani, Bali.. Foto Kiriman Teman cc: @infobencana pic.twitter.com/qP4chem1XH


@060SBPC
Ini Foto Gerhana Nya Di Banjarmasin Min, @bjmUpdate pic.twitter.com/ISsOvUntMD
@radartasiktv

 

 




0 komentar:

Posting Komentar

 

web widgets

counter

visitor

Flag Counter