Pages

Labels

Pages - Menu

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 07 Mei 2013

cara membuat menu login di delphi

saat ini saya akan share tentang delphi lagi nich, yaitu cara membuat menu login di delphi, setelah saya dipusingkan mencari beberapa artikel di google, akhirnya saya bisa juga nich buat menu login itu :D


 

langsung saja
1. Buka aplikasi Delphi yang kamu  gunakan yaitu delphi 7 dan buat lembar kerja baru dengan mengklik pada menu File | New |Form








2. Setelah muncul lembar kerja baru, pada formulir baru tersebut lakukan perubahan terhadap dua buah properties yang ada pada objek inspector berikut:
Properties Caption diisi dengan Login Admin
Properties Name diisi dengan FormAwal (tanpa spasi)










Lalu simpanlah dengan memilih File|Save dan berikan nama FAwal.
3. Setelah FAwal disimpan, selanjutnya kita menambahkan komponen. Kita perlu menambahkan lima buah komponen pada Form yaitu:
Dua buah komponen Label yang simbolnya  pada tab standard ke dalam form baru kamu. Dan kemudian ubah nama label tersebut sesuai dengan keinginan kamu.
Untuk mengubah nama label tersebut, kita ubah pada  properties caption kemudian ubah nama label tersebut. Contoh punyaku adalah Nama Pemakai  dan Password.
4. Setelah label jadi  letakkan dua buah komponen Edit  yang simbolnya  terletak pada tab yang sama dimana kamu mengambil label tadi, kemudian yang perlu kita atur pada properties yaitu properties name,text dan Password Char.
Punyaku  untuk
Edit1
Name diganti dengan EdNama
Text dikosongkan
PasswordChar tetap dengan #0
Edit2
Name diganti dengan EdPass
Text dikosongkan
PasswordChar dirubah dengan *
5. Kemudian masih pada tab yang sama, yaitu pada tab standard tadi, letakkan 1 buah Button yang simbolnya  di bawah Form Edit tadi dengan merubah properties name dan captionnya.
Punyaku  dirubah dengan
Button1
Name dirubah BtnLogin
Caption dirubah &Login
Berikut contoh peletakan pada form Login :

6. Setelah form jadi, untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap password, kamu perlu menambahkan kode pada kejadian OnClick milik tombol Login. Klik ganda pada tombol Login dan tambahkan kode seperti dibawah ini:
procedure TFormAwal.Button1Click(Sender: TObject);
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
begin
 
if(EdNama.Text = 'idahceris') and
 
(EdPass.Text = 'senyum') then
 
FormMenu.ShowModal
 
Application.MessageBox('Maaf anda tidak bisa Login. . .!!','Warning’,0);
 
exit;
 
end;
end.
Kode diatas mengasumsikan bahwa nama pemakai adalah idahceris dan password-nya adalah senyum. Jika tidak terjadi kecocokan, kotak dialog yang berisi pesan “Maaf anda tidak bisa login” akan tampil.
7. sekarang coba kamu jalankan form yang sudah kamu  buat tadi.?

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 

Calendar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

visitor

Flag Counter