Pages

Labels

Pages - Menu

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 13 Agustus 2013

5 Mesjid Tertua di Dunia

5 Mesjid Tertua di Dunia

 1. Mesjid Quba, Arab Saudi (Dibangun tahun 622 Masehi)

 Mesjid ini terletak di Madinah, Arab Saudi. Sebagai mesjid tertua di dunia yang masih eksis, batu pertama mesjid ini diletakkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika hijrah dari Mekah ke Madinah. Setelah selesai dibangun, Nabi Muhammad SAW melakukan shalat di mesjid ini hingga 20 hari
lamanya.

 
Menurut literatur yang ada, shalat dua rakaat di mesjid ini setara dengan umrah. Inilah mesjid pertama yang dibangun ketika Rasul hijrah ke Medinah.


2. Mesjid Nabawi, Arab Saudi (Dibangun tahun 622 Masehi) 


Mesjid Nabawi yang terletak di Madinah ini merupakan tempat makam Nabi Muhammad SAW berada. Ini adalah tempat suci kedua Ummat Muslim setelah Masjidil Haram. Selain mesjid tertua, Nabawi juga termasuk salah satu mesjid terbesar di dunia. Saat ini, pengelolaan tempat ini dilakukan oleh Pusat Pengelola Dua Mesjid Suci.




Salah satu bagian monumental dari mesjid ini adalah kubah hijau di pusat mesjid, yang merupakan pertanda makam Nabi Muhammad. Menurut literatur, kubah ini diperkirakan dibangun di permulaan abad 12. Di mesjid ini juga dikuburkan sahabat Rasul, Abu Bakar RA dan Umar RA.


3. Mesjid Al-Qiblatain, Arab Saudi (Dibangun tahun 623 Masehi)


Masjid al-Qiblatain (Mesjid dua kiblat) juga berlokasi di Medina. Mesjid ini bersejarah karena di tempat inilah Rasul SAW memerintah perpindahan kiblat dari Jerussalem ke Mekkah. Itu sebabnya, ada dua mihrab di mesjid ini. Namun telah dilakukan renovasi, sehingga arab kiblat ke Jerussalem telah dipindahkan.



4. Mesjid Jawatha, Arab Saudi (Dibangun tahun 629 Masehi)


Mesjid Jawatha, atau disebut juga Al-Jawana, berlokasi di Al-Kilabiyah, sekitar 12 km arah utara dari Hofuf, Al-Ahsa, Arab Saudi. Ini adalah mesjid pertama yang dibangun di kawasan Arab timur, meski mayoritas bangunan aslinya sudah runtuh. Meski demikian,  mesjid ini masih tetap digunakan Ummat Muslim. Mesjid Jawatha dibanguna tujuh tahun setelah hijrah Rasul oleh Bani Abdul Qais, dan merupakan tempat pelaksaaan Shalat Jumat yang kedua dalam sejarah setelah Mesjid Nabawi. Menurut literatur, ketika Hajr Al-Aswad dicuri dari Mekkah, konon batu suci tersebut disembunyikan selama 22 tahun di mesjid ini.

 
5. Masjidil Haram, Arab Saudi (Dibangun tahun 629 Masehi)

http://www.indojamtangan.com
Masjidil Haram selain termasuk mesjid tertua dibangun, juga tergolong mesjid terbesar di dunia. Berlokasi di kota Mekkah, dengan pusat perhatian pada Ka’bah, mesjid ini adalah tempat tersuci ummat Muslim seluruh dunia saat menunaikan ibadah haji.

http://www.unikgaul.com
  Dengan luas 356.800 meter persegi, Masjidil Haram bisa menampung ritual rukum Islam ke-5, yakni naik haji, dengan jumlah ummat tertampung sebanyak empat juta orang.
sumber: http://www.unikgaul.com/2013/05/5-mesjid-tertua-di-dunia.html 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Calendar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

visitor

Flag Counter